-->
Loading...

Semarak Sedekah Bumi di Serbu Ribuan Warga, Berlangsung Meriah

Gunungan Makanan Sedekah Bumi Di Dsn Blangit
 

Lamongan, 45news.id - Suasana meriah dan penuh antusiasme menyelimuti Dusun Blangit, Desa Karanglangit, Kecamatan Lamongan, Kabupaten Lamongan pada Sabtu (02/09/2023).

 

Ribuan masyarakat berkumpul untuk ikut serta dalam semarak Sedekah Bumi, sebuah tradisi tahunan yang bertujuan untuk melestarikan budaya lokal.

 

Acara yang dibuka oleh Camat Lamongan, Agus Hendrawan, dan Kepala Desa Karanglangit, H. Eurika Indra Dinata, ini menjadi momen yang sangat dinantikan oleh warga Dusun Blangit dan sekitarnya. Tradisi Sedekah Bumi ini telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kalender budaya mereka.

 

Kegiatan ini dimulai dan berakhir di depan kantor Balai Desa Karanglangit. Belasan gunungan berisi hasil bumi dari warga Dusun Blangit dikirab keliling Dusun.

 

Peserta juga tampil dalam karnaval budaya dengan mengenakan kostum yang unik dan kreatif, menampilkan kekayaan budaya mereka.

Setiap kelompok membawa gunungan yang berisi berbagai hasil bumi, seperti padi, jagung, kacang, terong, kacang panjang, mentimun, bawang, nanas, wortel, tomat, jeruk, dan banyak lagi.

 

Usai dikirab keliling Dusun Blangit, puluhan gunungan tersebut dikumpulkan di depan kantor Balai Desa Karanglangit yang selanjutnya di doakan oleh tokoh masyarakat setempat yakni Mudin .

Dan serta menjadi meriah ketika gunungan tersebut dijadikan rebutan masyarakat.

 

Kepala Desa Karanglangit, H. Eurika Indra Dinata, mengungkapkan bahwa Sedekah Bumi Dusun Blangit sudah menjadi tradisi yang rutin diadakan, dan tahun ini merupakan tahun ketiga pelaksanaannya.

 

"Tahun ini lebih meriah karena jumlah gunungan hasil bumi lebih banyak ada 11 daripada tahun sebelumnya hanya sekitar 5 - 6 gunungan dan antusiasme masyarakat luar biasa," katanya.

 

Keistimewaan tahun ini, lanjut dia adalah partisipasi yang lebih luas, tidak hanya dari orang dewasa, tetapi juga pemuda dan anak-anak ikut serta dalam kegiatan ini sebagai upaya pelestarian budaya setempat.

 

"Tadi juga ada gunungan persembahan dari anak - anak TK dan SD sebagai upaya pengenalan sedekah bumi, ini sebagai budaya yang ada di Dusun Blangit," kata dia.

 

Kepala Desa Karanglangit berharap bahwa acara ini akan membawa berkah bagi Desa Karanglangit, meningkatkan hasil bumi, dan meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat. (yog)

 


Belum ada Komentar untuk "Semarak Sedekah Bumi di Serbu Ribuan Warga, Berlangsung Meriah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel