-->
Loading...

Pemerintah Kota Malang Raih Penghargaan Nasional atas Komitmennya dalam Penguatan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata

 

Walikota Malang, H. Sutiadji menerima Penghargaan Dari Menparekraf, H. Sandiaga Uno

Malang, 45news.id - Komitmen Pemerintah Kota (Pemkot) Malang dalam menguatkan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata di Kota Malang telah mendapatkan pengakuan tingkat nasional. Penghargaan Apresiasi Daerah untuk Inovasi dalam Ekonomi Kreatif dan Pariwisata ini diberikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno kepada Wali Kota Malang Drs. H. Sutiaji di Jakarta, Senin (11/9/2023).

 

"Penghargaan ini kami dedikasikan untuk Bumi Arema yang kita cintai, yang terus memajukan sektor ekonomi kreatif dan pariwisata. Penghargaan ini menjadi dorongan bagi kami untuk terus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif dan pariwisata di Kota Malang." Ucap Walikota Malang Sutiaji

 

Selain dikenal sebagai pusat pendidikan dan terkenal dengan makanan khasnya, yaitu bakso, Kota Malang juga telah melakukan berbagai inovasi untuk mendukung ekonomi kreatif dan sektor pariwisata di kota tersebut.


"Selain bakso Malang dan reputasinya sebagai Kota Pendidikan, Kota Malang saat ini juga dikenal sebagai Kota Kreatif. Pada bulan Februari tahun lalu, Kota Malang menerima Penghargaan Inovasi Membangun Negeri 2023 dalam kategori Pusat Edukasi dan Pengembangan Ekonomi Kreatif. Dari sini, kami memiliki tujuan untuk menjadikan Kota Malang sebagai pusat sumber daya manusia berkualitas di Indonesia, dengan harapan bahwa potensi ini akan menjadi landasan untuk pertumbuhan sektor ekonomi kreatif," jelasnya

 

Salah satu upaya Pemkot Malang untuk menguatkan sektor ekonomi kreatif adalah dengan mendirikan Malang Creative Center (MCC). Kehadiran MCC telah memperkuat posisi Kota Malang sebagai Kota Kreatif di tingkat global. Hingga Juli 2023, sudah lebih dari seribu kegiatan oleh para pelaku ekonomi kreatif yang diadakan di MCC sejak peluncuran resmi pada Desember 2022.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan, "Dalam upaya mencapai tujuan awal kami, langkah kami adalah mendirikan Malang Creative Center atau MCC sebagai wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk berkolaborasi dan berkembang bersama demi memajukan perekonomian. Harapannya, para pelaku kreatif ini akan merasa memiliki dan menjadikan MCC sebagai tempat pengembangan mereka, karena MCC lahir dari aspirasi masyarakat yang menunjukkan bahwa Kota Malang tidak hanya mengandalkan konsep pengembangan dari atas saja," tambahnya.

 

Semangat inovasi, adaptasi, dan kolaborasi adalah kunci untuk mewujudkan Kota Kreatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Dia juga mengungkapkan bahwa Kota Malang saat ini memiliki 53 destinasi wisata, termasuk 23 kampung tematik. Ini adalah hasil dari inovasi dan upaya untuk mewujudkan Kota Malang sebagai Smart City melalui pengembangan pariwisata, seperti Malang Heritage Tourism melalui Kayutangan Heritage.

 

"Saat ini, ribuan wisatawan mengunjungi Kayutangan Heritage setiap bulannya. Malang juga terkenal dengan produk makanan oleh-olehnya. Kehadiran produk-produk inovatif dan kontemporer sangat sesuai untuk memanfaatkan potensi ekonomi pariwisata di Kota Malang," pungkasnya.

 

Dalam acara tersebut banyak tokoh nasional, dan penjabat yang hadir diantaranya yakni, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri, Wakil Presiden kesepuluh dan keduabelas Jusuf Kalla, Wakil Presiden kesebelas Boediono, para menteri kabinet Indonesia Maju, Ketua MPR Bambang Soesatyo, Kapolri Jendral (pol) Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Anies Baswedan, dan tokoh-tokoh nasional lainnya juga turut hadir dalam acara peringatan HUT ke-12 KompasTV ini. (im)

 

Belum ada Komentar untuk "Pemerintah Kota Malang Raih Penghargaan Nasional atas Komitmennya dalam Penguatan Ekonomi Kreatif dan Pariwisata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel