-->
Loading...

Bupati Malang Ajak Kader GMNI Bersama-sama Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Malang

M. Sanusi, Bupati Malang


Malang, 45news.id - Bupati Malang, M Sanusi, mengajak para kader Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) untuk bergabung dalam upaya mengentaskan kemiskinan yang masih menghantui Kabupaten Malang. Saat ini, angka kemiskinan di daerah tersebut mencapai 9,55 persen, terutama di sebelah selatan Kabupaten Malang, di mana banyak masyarakat bekerja sebagai nelayan, peternak, dan berbagai profesi lainnya.


Dalam pertemuan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Malang pada Sabtu (16/9/2023), Bupati Sanusi menyampaikan harapannya kepada para kader GMNI untuk melibatkan diri secara aktif dalam pendampingan masyarakat. "Para kader GMNI bisa melanjutkan pendampingan sehingga kita dapat menemukan solusi konkret bagi masyarakat. Saya berharap mereka dapat berinteraksi langsung dengan masyarakat dan mengaplikasikan pengetahuan dan keilmuan mereka untuk membantu masyarakat melepaskan diri dari jerat kemiskinan," ujar Bupati Sanusi.

 

Sanusi juga menyebutkan bahwa generasi muda yang terbiasa dengan teknologi dan keilmuan modern memiliki potensi besar untuk membantu meningkatkan produktivitas masyarakat dalam sektor usaha, pertanian, dan lainnya. Pemerintah Kabupaten Malang sendiri telah mengalokasikan anggaran yang signifikan untuk mengentaskan kemiskinan di bagian selatan Kabupaten Malang. Salah satu langkah yang telah diambil adalah pengembangan akses jalan di daerah tersebut.

“wilayah selatan Kabupaten Malang memiliki potensi pariwisata yang dapat dimanfaatkan. Oleh karena itu, Pemkab Malang tengah berupaya mengembangkan infrastruktur jalan di kawasan tersebut untuk mendukung potensi wisata dan memberikan dampak positif pada masyarakat sekitar,"  ungkap Sanusi.


Kabupaten Malang masih terus berupaya menurunkan angka kemiskinan. Target yang ditetapkan adalah mengurangi angka kemiskinan sebesar 2% pada tahun 2024, sehingga angka kemiskinan di Kabupaten Malang dapat mencapai 7%.

 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) GMNI Malang, Donny Maulana, menyatakan bahwa Jawa Timur memiliki basis DPC GMNI terbanyak dibandingkan dengan daerah lainnya. Para kader GMNI di Malang telah aktif melakukan pendampingan di beberapa wilayah, seperti Dau dan Sukun. Namun, Donny mengungkapkan bahwa pendampingan di daerah selatan Kabupaten Malang juga sangat penting dan perlu dilakukan.


"Memang selama ini basis gerakan kami terutama berpusat di Kota Malang, termasuk juga di Dau. Namun, kami berencana untuk memperluas aksi pendampingan ke wilayah selatan Kabupaten Malang," ujarnya.


Gerakan-gerakan pemberdayaan dan pendampingan yang dijalankan oleh para kader GMNI telah menjadi program prioritas dalam organisasi mahasiswa ini. Dengan semangat kolaborasi antara pemerintah daerah dan generasi muda yang berkomitmen, diharapkan Kabupaten Malang dapat segera mengatasi masalah kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. (im)

 

Belum ada Komentar untuk "Bupati Malang Ajak Kader GMNI Bersama-sama Mengentaskan Kemiskinan di Kabupaten Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel